S N S D Girls Bring “The Boys” Out


Meskipun sempat tertunda sebentar, akhirnya pada 19 Oktober 2011 lalu album ketiga SNSD bertajuk “The Boys” telah resmi dirilis di Korea dan negara-negara lain. Album ini terdiri dari 12 lagu dan melibatkan nama-nama besar dalam industri kpop seperti Yoo Young Jin, Kim Young Hoo, HitchHiker, Kenji, dan Hwang Sung Jae, serta produser kenamaan Amerika, Teddy Riley. Sebagai hits andalannya SNSD memilih single “The Boys”. Hanya dalam 2 hari sejak video klip lagu “The boys” dirilis pada 19 Oktober, jumlah penontonnya telah mencapai angka 7,5 juta orang di seluruh dunia. Video klip lagu The Boys tidak hanya populer di Asian, tapi juga di Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Hal ini menunjukkan antusias yang besar dari seluruh penikmat musik di seluruh dunia atas musik dan penampilan SNSD dalam single “The Boys” yang MV teasernya sudah mulai dinikmati di seluruh dunia sejak bulan September lalu.

Sejak bulan September 2011 SM entertainment telah memulai promosi untuk yang. Promosi global untuk lagu “The Boys”, yang manjadi hits andalan dari album ini, telah dilakukan di berbagai negara. MV teaser nya tidak hanya diputar oleh electronic display yang terdapat di Seoul (Korea), tapi juga di Tokyo (Jepang) dan Beijing (China), bahkan di New York Times Square, Amerika.

Namun kali ini SNSD mengusung “strong” image, berbeda dari kesan “cute” dan “girly” yang selama ini mereka tampilkan. Dalam sebuah wawancara dengan OSEN, Seohyun mengatakan bahwa mereka selalu ingin menunjukkan perkembangan kedewasaan mereka dalam setiap album yang dirilis. Hal itu dipertegas dengan pernyataan Taeyeon, “Kami sangat menyukai transformasi. Dan kami rasa fans kami juga senang melihat sisi lain dari diri kami”.

Lagu “The Boys” yang diproduseri oleh Teddy Riley ini didominasi oleh rap dan musik yang menghentak serta dilengkapi dengan koreografi yang enerjik, tegas, dan powerful. Masih dalam wawancara yang sama, Sooyoung menjawab pertanyaan tentang koreografi lagu The Boys, “Kami berusaha keras untuk menyesuaikan koreografi dengan lagunya (The Boys – red), walaupun hasilnya tidak seagresif atau sekuat yang kami inginkan. Salah satu gerakan ‘menghentak ke bawah’ yang terdapat selama bagian rapnya muncul karena pada bagian itu memang dibutuhkan suatu efek menghentak yang sesuai dengan musiknya. Pada awalnya tim koreografi kami mempertimbangkan apakah gerakan itu akan dimasukkan atau tidak, tapi kami memaksa untuk memasukkannya.”

Pada hari pertama dirilisnya album “The Boys”, single “The Boys” langsung mencetak prestasi yang sangat gemilang dengan menguasai seluruh chart-chart musik di berbegai negara seperti Bugs, Melon, Dosirak, Naver, Daum, Olleh Music, iTunes Jepang, bahkan lagu The Boys masuk ke dalam iTunes Top 100 US Chart.

Dan pada 21 Oktober lalu SNSD kembali tampil pertama kali dalam acara musik KBS Music Bank dengan membawakan lagu “Mr.Taxi (Korean version)” dan “The Boys”. Sedangkan pada hari berikutnya, SNSD menambahkan satu lagu untuk dibawakan dalam acara musik Music Core, yaitu “How Great Is Your Love”. Para fans menyambut mereka dengan sangat meriah dan bersemangat. Fan-chants yang mereka teriakkan sepanjang lagu “The Boys” dibawakan menjadi sebuah penghargaan tersendiri bagi SNSD. Dalam wawancaranya setelah melakukan rekaman untuk acara Music Bank mereka mengatakan “Kami melakukan rekaman untuk penampilan comeback stage kami hari ini dihadapan para fans. Walaupun ini penampilan pertama kami, tapi para fans telah memberikan fan-chants yang sangat sempurna yang sungguh membuat kami merasa senang dan berterimakasih atasnya.”

Kesuksesan yang diraih SNSD pada awal dirilisnya album “The Boys” ini nampaknya masih akan terus berlanjut. Dan pada bulan Desember mendatang rencananya SNSD akan mengadakan tour concert di Singapura yang akan dipromotori oleh RITS yang sebelumnya pernah menyelenggarakan konser Super Junior dan SHINee di Singapura. Jadi untuk para fans SNSD yang telah berniat menyaksikan penampilan mereka secara langsung, inilah saat yang tepat mengejar idola kalian ke negara tetangga.

SNSD Bring THE BOYS Out “The Boys” SNSD 3rd Album

Girl group terpopuler dan terbesar Korea, SNSD atau yang juga disebut sebagai Girls’ Generation kembali dengan full album ketiga mereka The Boys. Girl group dengan 9 member ini membawa konsep yang berbeda dari album mereka sebelumnya yang manis. Berbeda dengan hits mereka Gee dan single mereka lainnya seperti Oh!, Run Devil Run, dan Hoot, kali ini mereka tampil dengan lebih dewasa dan memperlihatkan olah vokal yang lebih baik dari sebelumnya.

Sebelum memasuki bahasan album, konsep individual SNSD kali ini sangat dramatis dengan membawa konsep “princesses” yang membuat fans berpikir seperti apa MV mereka. Namun lagi-lagi konsep individual tersebut mengecoh terutama sejak munculnya teaser MV hingga MV yang menampilkan betapa dramatis MV mereka kali ini. Berbeda dari yang sebelumnya, MV SNSD kali ini disutradarai oleh sutradara yang sama untuk semua MV hits Secret termasuk comeback mereka kali ini yang keluar bersamaan dengan SNSD, Love is MOVE.

Album The Boys berisi 12 track yang penuh dengan nama besar di industri KPOP seperti Yoo Young Jin, Kim Young Hoo, Hitchhiker, Kenji, Hwang Sung Jae dan Teddy Riley. Single promosi mereka, The Boys merupakan karya Teddy Riley yang merupakan urban pop dengan irama drum yang kuat dan intens. Berbeda dengan gaya music SNSD sebelumnya, lagu ini penuh dengan rap yang mengingatkan kita dengan lagu Hollaback Girl milik Gwen Stefani.

Lagu kedua dalam album ini, Telepathy merupakan lagu yang ceria dan bubbly yang merupakan warna lagu yang sering kita dengar dari SNSD. Instrumental dalam lagu ini membawa suasana tahun 80an yang ceria. Lagu bubbly ini diikuti dengan nomor mellow dalam album ini yang berjudul Say Yes. Lagu mellow ini dibawa dengan irama upbeat retro yang membawa warna baru untuk vokal SNSD yang kali ini penuh dengan vokal high-range.

Trick merupakan nomor seksi dan ceria yang dapat membuat pendengarnya menari dengan irama yang unik. Lagu berikutnya merupakan karya member Sooyoung yang berjudul Spring Day. Lagu ini menggambarkan konsep SNSD yang telah dewasa dengan alunan gitar dan strings yang romantis. Berbeda dengan lagu sebelumnya, Mr. J merupakan lagu yang mengumbar aegyo SNSD. Namun dengan konsep yang dibawakan kali ini, lagu ini terdengar kekanak-kanakan dalam album ini.

Setelah membawakan lagu yang manis seperti Mr. J, SNSD kembali dengan konsep seksi dan dewasa mereka untuk lagu Oscar. Sama seperti The Boys, lagu ini membawa suasana gelap dan seksi, pendengar mungkin tidak akan percaya bahwa ini merupakan SNSD yang sebelumnya membawakan lagu yang kekanak-kanakan. Track kedelapan mereka, Top Secret, terdengar seperti hits SNSD sebelumnya, Hoot. Warna suara mereka yang ceria dan seksi diikuti dengan irama jazzy menghidupkan album ini. Dapat dibilang lagu ini sesuai dengan usia mereka saat ini.

Lazy Girl (Dolce Far Niente) merupakan lagu yang ceria dan menyenangkan tanpa terdengar kekanak-kanakan. Berikutnya merupakan Sunflower di mana lagu ini sangat kental dengan unsur 90-an di mana pendengar diajak bernostalgia kembali ke jaman 90-an yang romantis. Vitamin merupakan lagu ceria yang terdengar seperti lagu anime. Namun lagu ini memperlihatkan vokal SNSD yang berkembang dengan baik. Album ini ditutup dengan Mr. Taxi versi Korea. Bagi yang menyukai versi asli (versi Jepang) dari lagu ini, mungkin akan sedikit kecewa. Namun lagu ini tetap membawakan vibe asli lagu ini, seksi, ceria dan tidak murahan.

Album The Boys bisa dibilang menggambarkan ketidakfokusnya konsep album, di mana isi album ini sangat seksi dan sangat kekanak-kanakan di sisi lainnya. The Boys seakan memaksa SNSD menampilkan sisi seksi dan kekanak-kanakan mereka dalam 1 album di mana sebenarnya mereka dapat mengeluarkan 2 mini album dengan konsep terpisah, seksi dan manis. Di luar itu album ini telah memuncaki berbagai tangga musik di industri KPOP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s